Masjid dengan Arsitektur Menara Pagoda di Tangerang

Banten, Wisata 0

8-masjid-kalipasirTangselMedia.com – Saat Anda berada di Kota Tangerang, cobalah untuk mampir ke masjid keren dengan arsitektur unik yang berada di kawasan Pecinan. Masjid Jami Kalipasir memiliki menara yang bentuknya mirip pagoda. Pas sekali dijadikan sebagai wisata religi dan arsitektur di sekitar Jakarta.

Keberadaan Masjid Jami Kalipasir sudah familiar di kalangan warga kawasan Pecinan, Tangerang. Masjid yang berukuran sedang dan berada di gang sempit ini memang terjenal dengan ciri khas bangunannya sehingga menjadi daya tarik sendiri. Sebab masjid ini memiliki menara dengan bentuk pagoda ala Tiongkok.

Awal berdirinya masjid Jami Kalipasir sekitar tahun 100-an, dimana letaknya yang berdekatan dengan Klenteng Boen Tek Bio. Desain masjid yang dibalut warna putih dan hijau tua serta berpintu kuning. Sejarahnya yang mendirikan bangunan masjid tersebut ialah Tumenggung Pamit Wijaya dari Kahuripan Bogor. Kepengurusan selanjutnya diteruskan oleh putera beliau, yang bernama Raden Bagus Uning Wiradilaga sejak tahun 1712.

Sebenarnya Masjid Jami Kalipasir tidak mengalami perubahan yang signifikan sejak dibangun. Namun sudah ada beberapa kali renovasi tanpa mengubah gaya arsitekturnya. Masjid ini merupakan gabungan gaya dari arsitektur Arab, Tionghoa dan Eropa yang masih terlihat jelas melalui desainnya. Dikarenakan pada tahap pembangunan, Masjid Jami Kalipasir dibangun oleh warga muslim dengan dibantu oleh warga etnis Tionghoa.

Silahkan berkunjung untuk menengok Masjid Jami Kalipasir yang terletak di dalam Kampung Kalipasir No. 18, sekitar kawasan Pasar Lama, Sukasari, Kota Tangerang. Dengan niataan upaya melestarikan bangunan bersejarah sekaligus wisata religi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply