Belajar Fungsi Pemerintahan, Siswa SDIT Sinar Cendikia Kunjungi DPRD Tangsel

Info Kota, Sekolah 0

TangselMedia – Puluhan siswa kelas 6 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sinar Cendikia Serpong didampingi para guru mendatangi gedung DPRD Kota Tangsel, Kamis (1/9) siang. Kedatangan mereka bukan untuk menyampaikan aspirasi, tetapi ingin mengetahui langsung kerja anggota dewan.

SDIT Sinar Cendikia Kunjungi DPRD TangselKunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan outing class dalam pembelajaran PKN dan IPS yang berkaitan dengan fungsi pemerintahan baik di eksekutif maupun legislatif. Kedatangan mereka ditemui Sri Lintang Rosi Aryani, Anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel di ruang Komisi III.

Dalam dialog interaktif tersebut, Sri Lintang menjelaskan fungsi dan peran DPRD. Menurutnya, pemerintah daerah terdiri atas Pemda Kabupaten/ Kota dan DPRD Kabupaten/ Kota, kedudukan DPRD sejajar dan menjadi mitra dari Pemda.

“Legislatif bertindak sebagai perencana program, dan eksekutif bertindak sebagai pelaksana program,” kata politisi PKS ini dihadapan para siswa yang terlihat antusias mendengarkan sambil menulis poin pemaparan.

Saat sesi tanya jawab, para siswa secara tertib mengajukan pertanyaan mulai dari sejarah berdirinya DPRD Tangsel, peran DPRD dalam Perlindungan Anak, hingga pertanyaan suka duka menjadi anggota dewan.

“Terkait regulasi perlindungan anak, alhamdulillah DPRD Tangsel sudah mengajukan Raperda inisiatif Kota layak anak dan sudah masuk Prolegda (program legislasi daerah-red) dimana dalam peraturan ini hak-hak anak akan terlindungi,” jelas Lintang.

Kemudian, terkait duka menurutnya ketika anggota dewan belum bisa memenuhi keinginan masyarakat, lalu meninggalkan keluarga terlalu lama karena rapat hingga larut malam. Dan sukanya menjadi anggota dewan itu ketika bisa berpartisipasi membuat regulasi yang berdampak pada peningkatan kualitas masyarakat. “Tapi sukanya lebih banyak,” imbuhnya.

Rudi Iskandar, Guru di SDIT Sinar Cendikia yang ikut dalam rombongan itu menjelaskan, melalui kegiatan outing class ini, kami ingin mengajak para siswa untuk melihat lebih dekat kegiatan wakil rakyat.

“Semoga dengan bertatap muka langsung dengan anggota dewan, para siswa lebih mudah menyerap penjelasan yang disampaikan langsung oleh anggota dewan,” harapnya.***(cip)

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply